Januari 22, 2009

Penipuan Modus Baru

HATI-HATI PENIPUAN!! Kali ini modusnya PENIPUAN DENGAN SURAT PENTING

Semalam sodaraku pulang kerja menemukan amplop putih terbungkus plastik bertuliskan DOKUMEN PENTING tergeletak dijalanan, lalu amplop tersebut sempat dibuka dan dilihat isinya, ternyata salah satunya terdapat cek dengan tulisan Rp. 4.700.000.000 (empat milyar tujuh ratus ribu rupiah),- cek tersebut dikeluarkan oleh Bank BRI Manokwari.

Sesampainya dirumah sodaraku itu langsung bangunin hubby yang udah tidur, lalu hubby langsung buka itu amplop dan ternyata isinya selain cek ada surat keterangan izin usaha milik PT. Mico Graha Pavindo di Surabaya serta surat badan pertanahan yang berlamat di Manokwari

Lalu gw coba periksa ceknya..hihihi masa cek ada kotak biru buat tulis angkanya, terus tulisan jumlah uangnya diprint sih ga pake pulpen, kalo seandainya itu travel cek pasti ada tulisannya "travel cek" (cmiiw ya), lalu gw coba terangin kalo emang ini cek beneran kayaknya ga gini baget deh soalnya dari kertasnya aja gw uda ga percaya tipis tapi dasar sodaraku penasaran dia minta hubby untuk menghubungi nomor telepon yg tercantum diamplop tersebut, lalu hubby menelepon nomor kantor PT tersebut dan jawabannya "NOMOR YANG ANDA TUJU BELUM TERDAFTAR", kemudian coba menghubungi nomor gsmnya dan tetapi tidak diangkat. Ya udah, kata sodaraku lanjut aja besok pagi telepon lagi..ckckckckckck, penasaran dia..hehehe

dan tadi pagi dia telepon ke nomor gsm tersebut, dan jawabannya dia memang kehilangan dokumen penting n sangat berterima kasih sekali sama sodara gw soalnya dia jg sudah menyebarkan informasi surat kehilangan di Surabaya. Ga lama sodaraku terima sms dari orng tsb, dia bilang akan memberikan imbalan Rp. 120jt buat yang menemukan surat2 tersebut tapi sebelumnya dia minta smskan nomor2 dari surat2 tsb untuk dicocokan dengan data2 yang ada padanya. Belum lima menit dia sms balik bahwa data2 tersebut dan cocok, untuk itu dia akan mentransfer uang sebesar Rp. 20jt dahulu untuk ongkos sodaraku ke Surabaya.

Kemudian smsnya lagi berbunyi "dana sebesar Rp. 20jt telah kami transfer, mohon dicek dulu & harap telepon/hubungi kami sebentar apabila DANA sudah masuk" eh belum ada 1 menit sms lg "Maaf kami lupa menyampaikan bahwa UANG kami transfer dengan jenis U.S DOLLAR jadi mesti dilakukan dulu pengalihan/penukaran kemata uang RUPIAH baru dapat termonitor saldo anda dalam bentuk rupiah, silahkan anda masuk ke ATM, hubungi kami setelah diruangan ATM", dasar sodaraku penasaran n tergiur sama imbalan yang dijanjikan dia minta tolong aku untuk dianterin ke ATM, ya sudah sambil brangkat kerja aku mampir dulu di ATM mandiri, sampai di ATM dia telepon orang itu...lalu dia tanya jumlah saldo yang ada direkening tersebut, gw bilang jumlahnya Rp. 64.800,22 eh dia minta maaf, katanya kalo saldo aku segitu ga bisa transfer dollar ke rupiah, dasar emang gw udah ga sreg n ga percaya aja, dia telepon gw jawab sambil cengengesan gitu..

ga lama dia telepon lagi dia bilang gw dikasih waktu 1 jam buat ngadain dana 1 jt, terus dia bilang gw ga boleh nyebarin kalo dia akan transfer duit 20jt ke gw..hihihi, sambil nahan ketawa dia menekankan sekali lg gw ga boleh nyebarin hal ini...hahahahaha

Sampe kantor gw langsung serita sama bos n temen kantor gw, mereka bilang itu penipuan, hipnotis via telepon..hehehe. Kata temen gw cari aja digoogle, ternyata ada penipuan dengan modus ya itu tadi MENYEBARKAN DOKUMEN PENTING DIJALANAN

ternyata orang itu masih menghubungi sodara gw menanyakan kelanjutannya, gw smsin aja kesodara gw biar di forward ke nomornya dia, gini nih "Pak, mohon maaf saya tidak bisa menyediakan dana 1jt ke rek. saya, gimana kalo bapak aja yg transferin ke saya, nanti kalo saldo saya memang betul ada 21jt, saya tansfer balik deh yg 1jt tadi, gimana?" sodara gw langsung ketawa, terus setelah dikirim balik sms itu, si penelepon tsbt telepon lagi ke sodaraku berkali-kali tapi ga diangkat.

Wakakakakakakak....geli banget deh gw, abis tadi pagi orang serumah udah ngebayangin dapet uang 120jt..ada yg bilang beli rumah aja, eh motor mio deh satu, terus gw bilang aja gw mau dunk seperangkat emas putih!.huehehehehehehe

3 komentar:

  1. hahaha ternyata ini ya yg loe ceritain tadi

    BalasHapus
  2. lagi marak kayaknya ya penipuan model gini.. waktu itu sy juga baca di salah satu blog yg dapet dokumen kyk gitu di depan rumahnya. Alhamdulillah gak sp ketipu juga..

    BalasHapus
  3. waaaa canggih banget nipunya. untung uda ga percaya duluan ya. emang harus hati hati sekarang ini. hihi. :)

    BalasHapus

Recent Comment